Minggu, 07 Oktober 2012

Teori Bisnis Informatika


Pengertian Bisnis

Menurut Mahmud Machfoedz
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Menurut Steinford (1979)
“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Atau dalam bahasa Indonesia bisnis adalah semua kegiatan yang terlibat dalam penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh orang-orang".

Menurut Griffin dan Ebert(1996)
“Business is an organization that provides goods or services in order to earn profit”. Dalam bahasa Indonesia berarti bisnis adalah sebuah organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan.

Dari pendapat beberapa ahli di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu ataupun  sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Aspek-aspek bisnis :
  • Kegiatan individu dan kelompok
  • Penciptaan nilai
  • Penciptaan barang dan jasa
  • Keuntungan melalui transaksi
Fungsi Bisnis
  • Fungsi Mikro (Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung)
  • Fungsi Makro(Kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung)

Jenis Kegiatan Bisnis

Gambar 1. Jenis Kegiatan Bisnis

Pengertian Informatika

Menurut Philippe Dreyfus (1962) dan l`Academie Francaise (1967)
Informatika adalah kumpulan Disiplin Ilmu (scientific discipline) dan Disiplin Teknik (engineering discipline) yang secara spesifik menyangkut transformasi / pengolahan dari "Fakta Simbolik" (data / informasi), yang terutama menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis/komputer.

Anonymous
Informatika (Inggris: Informatics) secara umum mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.


Pengertian Bisnis Informatika

Dari pengertian Bisnis dan Informatika diatas kita ketahui pengertian Bisnis Informatika adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan keuntungan atau laba dengan  memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan melakukan transaksi dalam bidang informatika dengan bantuan teknologi informasi. Contohnya bantuan teknologi informasi disini adalah Internet.

Contoh bisnis Informatika :
Salah satu contoh bisnis Informatika adalah Jual-beli secara online. Jual beli secara online merupakan salah satu bisnis Informatika. Caranya sangat mudah, kita tinggal mencari barang yang kita inginkan pada situs jual beli internet. Apabila telah pas baik dari segi barang dan harga kita dapat mentransfer uang melalui M-banking.Dengan bisnis online kita tidak perlu repot-repot pergi ke mall ataupun toko untuk mencari barang yang kita inginkan. Cukup dengan laptop / pc dan internet, kita bisa mencari semua barang yang diinginkan. Contoh situs web jual beli online adalah : Tokobagus.com, kaskus, Amazon Ebay dan masih banyak lagi.





Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar