Sabtu, 02 Oktober 2010

Tentang Multimedia



Multimedia berasal dari kata multi yang berarti banyak dan media yang bentuk atau sarana suatu komunikasi. Dalam bidang komputer, multimedia berarti aplikasi atau presentasi berbasis komputer yang menggabungkan dua atau lebih media seperti teks, suara(audio), gambar(image), video dan animasi. Penggunaan multimedia bertujuan untuk menampilkan sebuah data atau informasi secara menarik dan interaktif.
Multimedia terdiri dari beberapa elemen, yaitu teks, suara(audio), gambar(image), video dan animasi. Berikut penjelasannya.
·         Teks
Teks adalah elemen yang penyampaian data yang umum dan paling sederhana karena membutuhkan sedikit ruang pada penyimpanan dibandingkan elemen yang lainnya. Data yang disampaikan berupa tulisan-tulisan, sehingga terkadang membuat seseorang lelah dan cepat bosan. Sehingga biasanya dalam suatu penyajian informasi hanya pada bagian-bagian pentinglah kita menggunakan elemen teks.
·         Suara (audio)
Suara adalah elemen penyampaian data yang cukup interaktif, karena kita tidak harus berlelah-lelah menatap monitor suatu komputer karena kita dapat mendapatkan suatu informasi hanya dari pendengaran saja. Contohnya lagu-lagu, instrument-instrument, dsb. Format audio antara lain WAV, MIDI, dan MP3.
·         Gambar (image)
Gambar adalah elemen penyampaian data yang mampu mewakili ribuan kata. Media ini tidak membutuhkan suatu gerakan tertentu, karena tanpa gerakanpun kita sudah dapat mengetahui suatu informasi yang disampaikan. Beberapa format gambar antara lain JPEG, GIF dan BMP.
·         Video
Video adalah gabungan dari elemen gambar dan suara, yang diambil dengan menggunakan alat perekan seperti handycam dan camrecorder. Kelemahan dari elemen ini adalah membutuhkan ruang sangat besar dalam hal menyimpannya. Format video yang sering digunakan adalah Mper, AVI, dan QuickTime.
·         Animasi
Animasi dikenal dengan gambar bergeraknya. Masud dari animasi adalah kumpulan gerak yang dilakukan secara berurutan dari suatu gambar, sehingga memberikan efek bahwa gambar tersebut hidup atau bergerak.

Dalam mengolah masing-masing elemen multimedia, kita memerlukan software khusus. Berikut penjelasannya.

·         Viewing : digunakan untuk melihat hasil pengolahan multimedia. Contoh : Windows Media Player, Winamp, FLVplayer,dsb
·         Capturing : digunakan untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui device multimedia. Contoh : camrecorder, handycam,dsb
·         Editing : digunakan untuk mengolah bahan multimedia menjadi sebuah sajian. Mengedit suatu bahan multimedia. Contoh : adobe photoshop, corel draw, dsb.
·         Authoring : Software Multimedia untuk keperluan interaktif. Contoh director, flash. Teks Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia.

Setelah mengolah masing-masing elemen multimedia menggunakan software khusus, kita juga memerlukan Software untuk menggabungkan elemen-elemen multimedia tersebut, software tersebut antara lain :

·         Ezedia
·         Hyper Studio
·         Macromedia Authorware
·         Multimedia Builder
·         Macromedia Director
·         Macromedia Flash
·         Ovation Studio Pro

Cara merancang produk multimedia yg interaktif adalah kita harus membuat suatu produk multimedia itu semenarik mungkin sehingga seseorang tertarik dan mau menggunakannya, selain itu produk multimedia yang kita buat harus berbeda dengan produk multimedia lainnya agar seseorang tidak bosan dan mau menggunakannya karena berbeda dengan lainnya. Kita juga harus memperhatikan kata-kata yang kita gunakan. Penggabungan semua elemen-elemen multimedia akan membuat produk multimedia yang kita buat menjadi menarik dan interaktif sekali.

Cahyandaru Anisa Putri, 56409227, 2IA15

Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar