Sabtu, 29 Januari 2011

NEW MEDIA

Secara harfiah kata “media” berarti perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Istilah New Media sendiri baru muncul pada akhir abad 20 yang dipakai untuk menyebut sebuah media baru yang menggabungkan media-media konvensional dengan Internet sebagai produk teknologi komunikasi dimedia. Beberapa contoh teknologi yang menjelaskan tentang new media seperti yang ada pada kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi sering kita jumpai. misalnya pada website yang sering kita gunakan seperti facebook atau twitter.
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Twitter itu sendiri berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twttr dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Twitter pertama digunakan sebagai layanan internal untuk karyawan Odeo dan versi lengkap yang diperkenalkan secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Dengan banyaknya “new media” yang ada seperti social network tentu kehadirannya memberikan pengaruh (pengaruh baik atau buruk) terhadap masyarakat.

Pengaruh Social Network sebagai New Media Terhadap Masyarakat
Munculnya berbagai macam service yang dihasilkan yang memanfaatkan Internet merupakan bukti bahwa perkembangan teknologi tidak dapat dibendung oleh siapa pun. Dalam dunia social sekarang, semua elemen masyarakat (dalam hal ini level anak-anak dan para remaja) sangat akrab sekali dengan penggunaan internet.
Dengan menikmati layanan yang facebook, twitter dan social media lainnya kita dapat melakukan interaksi antar pengguna yang selanjutnya sering dicap sebagai “teman” kita dengan tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan pengguna-nya, bisa dibawa ke arah negatif dan sangat memungkinkan dimanfaatkan ke arah positif.

Pengaruh Negatif dan Positif dari Social Media (New Media) terhadap Anak-anak dan Remaja
Dalam menggunakan sesuatu apapon pasti terdapat dua kemungkinan, apakah itu dapat berdampak baik atau sebaliknya terhadap diri kita.
Pengaruh negatif dari new media terhadap anak-anak, seperti :
  1. Anak-anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata.
Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk-beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahasa tubuh dan nada suara, menjadi berkurang.
  1. Situs jejaring sosial akan membuat anak-anak, remaja, bahkan orangtua lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet.
  2. Situs jejaring sosial adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan.
Tidak selalu kecanggihan teknologi memberikan pengaruh negative. Tentu saja ada pengaruh positifnya. Pengaruh positif new media seperti social network yaitu:
  1. Dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
  2. Memperluas jaringan pertemanan
  3. termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena di sini mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
  4. Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati. Misalnya menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
Oleh karena itu seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi para orang tua dan masyarakat harus turut serta berperan dalam mengawasi perkembangan ini. Karena tidak jarang pengaruh atau dampak negatif dari “new media” itu sendiri karena kurangnya pengawasan dari orangtua dan masyarakat.


Sumber :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar