Minggu, 15 April 2012

Analisis Game Plants versus Zombies



Game Plants vs zombies adalah sebuah game pertarungan antara Zombie-zombie dan Plants(Tanaman-tanaman). Game ini seperti sebuah game yang  membentuk pertahanan agar musuh (zombie)  tidak bisa masuk ke markas (rumah) kita untuk memakan otak manusia. Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh PopCap Games untuk versi Windows dan Mac OS X. Permainan melibatkan pemilik rumah dengan menggunakan banyak jenis tanaman untuk melumpuhkan serangan dari para zombie. Game ini pertama kali dirilis pada 5 Mei 2009 dan terus dikembangkan untuk berbagai platform game sampai Februari 2011. Saat bermain game ini kita diharuskan melawan para zombie – zombie yang bisa memakan apa saja termasuk otak kita. Semakin tinggi level yang kita mainkan, maka zombie yang menyerang akan semakin bervariasi sesuai dengan level dan tentunya akan menjadi sulit untuk dikalahkan. Selain itu tanaman-taman juga akan berkembang sesuai dengan kesulitan dari level yang kita mainkan. Jika suatu level telah terselesaikan maka sebuah bonus akan kita dapatkan yaitu tanaman baru, alat-alat baru. Selain itu, kita juga diharuskan untuk menyelesaikan Adventure Mode agar dapat memainkan mode-mode lainnya.


System requirementsnya :

OS Win7, Vista, XP
CPU 1,2 GHz
RAM 1 GB
HDD Space 65 MB of free space
Graphics 128 MB
DirectX compatible sound
 

Mode-mode dalam Game Plants Versus Zombie : 
Seperti yang kita lihat pada gambar diatas, Game ini terdiri dari 4 Mode, yaitu
1.      Adventure : pada mode ini kita bermain untuk melawan zombie. Game ini terdiri dari banyak level. Seperti saya katakana di awal pembahasan tadi. Semakin tinggi level yang kita mainkan memiliki tingkat kesulitan tertentu. Final dari game ini adalah melawan Boss dari para zombie. Selain itu, kita juga akan mendapatkan kejutan setelah kita menyelesaikannya mode ini. ;-)
Game bisa di dapatkan dengan klik disini : download game plants vs zombie
2.      Mini – Games : Games ini dapat kita mainkan apabila kunci dari game ini telah terbuka yakni sebuah kado yang kita dapatkan pada Adventure mode yang bertuliskan bahwa mode ini telah dapat dimainkan. Pada mode Mini Games, terdapat 20  game mini yang dapat kita mainkan dan apabila kita memenangkan game ini, kita akan mendapatkan throphy dan diminta untuk mengumpulkannya hingga lengkap 20.
3.      Puzzle : mode ini tidak dapat dimainkan apabila kita belum mendapatkan izin atau menyelesaikan Adventure Mode. Pada game ini terdapat 2 jenis.
a.      Vasebreaker : disini kita diminta untuk menyerang zombie-zombi dengan memecahkan vas yang bias saja berisi zombie atau tanaman-tanaman yang dapat membunuh zombie-zombie tersebut.
b.      Zombie : disini kita menjadi zombienya, dimana kita diminta untuk menyusun strategi agar dapat memakan memakan tanaman dan  memasuki markas.
Pada kedua mode ini kita dapat mengumpulkan throphy apabila menang dan melengkapinya.
4.      Survival : adalah mode pertarungan dimana kita akan mengatur strategi untuk mengalahkan zombie. Pada mode ini kita harus bertahan dengan serangan-serangan dari zombie-zombie di berbagai tempat dan waktu seperti pada Adventure Mode, misalnya diatap, kolam renang baik siang maupun malam hari.

 THE PLANTS (Tanaman):
Terdapat 40 jenis tanaman yang ada pada permainan ini. Berikut ini adalah contoh beberapa tanaman yang ada pada permainan ini. Kita dapat mengetahuinya pada Almanac. Almanac dapat kita dapatkan pada Adventure Mode. Berikut beberapa contohnya :


Peashooter   :   merupakan tanaman dasar yang ada pada gudang senjata. Tanaman ini muncul pertama kali kita memainkan game ini. Serangan yang dihasilkan cukup kuat dan efektif untuk melawan zombie.

Sunflower     :   Tanaman ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah matahari yang akan pemain dapatkan. Matahari sangat penting bagi tanaman dan kelangsungan hidup pemain. Dengan mengumpulkan banyak sinar matahari, pemain dapat menambah berbagai macam tanaman untuk melawan zombie.

Cherry Bomb :   Tanaman ini untuk memberikan reaksi eksplosif bagi para zombi yang  berada di dekatnya.  Bekerja dalam jarak 3x3 yang berpusat di sekitar tempat di mana pemain menempatkannya.

Wall-Nut      :     Tanaman pertahanan yang cukup kuat, yang akan terus mencegah para zombi di titik di mana pemain meletakkannya. Karena para Zombie akan memakan terus Tanaman ini hingga habis.


 Snow Pea    :     Seperti Peashooter, tanaman ini juga akan menembak para zombie. Namun tanaman ini akan membekukan zombi dan membuat pergerakan mereka lebih lambat. Baik untuk menahan para zombie.


THE ZOMBIES (Zombie) :
Ada 26 jenis zombi penyerang yang ada pada permainan ini. Zombie-zombie inilah target atau yang akan kita kalahkan dalam bermain game ini. Berikut ini adalah beberapa contoh dari beberapa zombi penyerang.

 
Regular Zombie   :   Zombi yang paling mudah dihancurkan. Sangat mudah untuk dihancurkan. Namun, berhati-hati jumlah mereka sangat banyak.

  
 
Flag Zombie       :    Hanya karena dia membawa sebuah bendera tidak berarti dia akan memakan otak anda. Memimpin setiap datangnya banyak Zombie.

 
Conehead Zombie  :   Regular zombie dengan topi kerucut di atasnya yang membantu  pertahanannya. Memakan waktu sekitar dua kali perusakan dari regular zombie. 

 
Pole Vauting Zombie  :   Bergerak cepat sampai dia memenuhi tanaman pertama yang ia akan makan (kecuali tall-nut) lalu ia akan bergerak lambat (memakan tall-nut). Dalam kata lain, ia memiliki galah yang dapat digunakannya untuk meloncati tanaman pertama yang ada di dekatnya.

Buckethead Zombie   :   merupakan Zombie dengan Ember besi dikepalanya, membutuhkan waktu 5x lebih lama dari perusakan regular Zombie.  Namun, embernya dapat dilumpuhkan (dicuri) apabila kita memiliki magnet-shroom.



sumber : http://arumyomoshiroi.blogspot.com/2010/05/game-plants-versus-zombies.html 
http://davidsukraman.blogspot.com/2011_04_01_archive.html

4 komentar:

  1. Balasan
    1. MAIN GAME INI SETIAP PAGI APA SORE

      Hapus
  2. Iya...
    Coba mainin 2x biar dapet si zombie yeti. :-)

    BalasHapus
  3. Game yang sangat seru

    BalasHapus