Minggu, 29 April 2012

GAME ALGORITHMS


Permainan Checkers adalah sebuah permainan berkonsep Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence).  Checkers adalah permainan yang memakai strategi abstrak dan dimainkan oleh pemain dengan melakukan langkah diagonal terhadap ikon dan bertujuan untuk menghabiskan ikon lawan dengan cara melangkahinya.
Permainan Checkers telah dimainkan di Eropa sejak abad ke16, dikembangkan dari permainan alquerque. Bentuk yang paling populer dari pemainan ini adalah international draughts, yang dimainkan pada papan 10×10. Bentuk yang juga populer adalah English draughts, yang disebut American Checkers, dimainkan pada papan 8×8.
Permainan Checkers menggunakan bahasa prolog. Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
Pada blog ini saya akan menjelaskan beberapa algoritma yang ada pada permainan Checkers. Permainan Checkers menggunakan beberapa Algoritma. Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa algoritma yang ada pada game Checkers.
·         Algoritma Alpha-beta : algoritma ini merupakan modifikasi dari algoritma Minimax. Secara teori algoritma Alpha-beta lebih unggul dibandingkan dengan algoritma Minimax, baik dari kemampuan program dalam melakukan searching maupun dari sisi perbandingan waktu. Karena algoritma Alpha-beta dapat mereduksi pencarian node pada algoritma Minimax.
·         Algoritma Minimax : Algoritma Minimax merupakan algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar memperkecil kemungkinan kehilangan nilai maksimal. Algoritma ini diterapkan dalam permainan yang melibatkan dua pemain seperti tic tac toe, Checkers, go dan permainan yang menggunakan strategi atau logika lainnya. Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI seperti permainan catur misalnya. AI permainan catur tentunya sudah sangat terkenal dimana AI tersebut bahkan dapat mengalahkan juara dunia sekalipun. Pada algoritma minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Dalam suatu permainan sederhana, terdapat algoritma yang digunakan untuk mencari langkah terbaik dari situasi sekarang. Algoritma yang paling terkenal ialah algoritma ini. Algoritma Minimax ialah suatu metode yang sangat bermanfaat untuk permainan dua pemain sederhana. Metode ini digunakan untuk memilih langkah terbaik yang diberikan, dimana kedua pemain saling berusaha untuk memenangkan permainan. Setiap pemain mengetahui langkah-langkah yang mungkin diberikan pada situasi permainan saat ini. Sehingga untuk setiap langkah dan semua langkah selanjutnya akan dapat diketahui (M. Tim Jones, 2008).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar