Permainan Checkers
adalah sebuah permainan berkonsep Kecerdasan
Buatan (Artificial
Intelligence). Checkers
adalah permainan yang memakai strategi abstrak dan dimainkan oleh pemain dengan
melakukan langkah diagonal terhadap ikon dan bertujuan untuk menghabiskan ikon
lawan dengan cara melangkahinya.
Permainan Checkers telah dimainkan di Eropa sejak
abad ke16, dikembangkan dari permainan alquerque. Bentuk yang paling
populer dari pemainan ini adalah international draughts, yang
dimainkan pada papan 10×10. Bentuk yang juga populer adalah English draughts,
yang disebut American Checkers, dimainkan pada papan 8×8.
Permainan Checkers menggunakan bahasa prolog. Prolog adalah bahasa
pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya
diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman
logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain
Colmerauer dan Robert Kowalski
sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang
memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan
komputer.
Pada blog ini saya akan menjelaskan beberapa algoritma yang ada pada permainan Checkers. Permainan Checkers menggunakan beberapa Algoritma.
Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa algoritma yang ada pada game Checkers.
·
Algoritma Alpha-beta :
algoritma ini merupakan modifikasi dari algoritma Minimax. Secara teori
algoritma Alpha-beta lebih unggul dibandingkan dengan algoritma Minimax, baik
dari kemampuan program dalam melakukan searching maupun dari sisi perbandingan
waktu. Karena algoritma Alpha-beta dapat mereduksi pencarian node pada algoritma
Minimax.
·
Algoritma Minimax : Algoritma Minimax
merupakan algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar memperkecil
kemungkinan kehilangan nilai maksimal. Algoritma ini diterapkan dalam permainan
yang melibatkan dua pemain seperti tic tac toe, Checkers, go dan permainan yang menggunakan strategi atau logika
lainnya. Algoritma
minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI seperti permainan
catur misalnya. AI permainan catur tentunya sudah sangat terkenal dimana AI
tersebut bahkan dapat mengalahkan juara dunia sekalipun. Pada algoritma
minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan
dilakukan. Dalam suatu permainan
sederhana, terdapat algoritma yang digunakan untuk mencari langkah terbaik dari
situasi sekarang. Algoritma yang paling terkenal ialah algoritma ini. Algoritma
Minimax ialah suatu metode yang sangat bermanfaat untuk permainan dua pemain
sederhana. Metode ini digunakan untuk memilih langkah terbaik yang diberikan,
dimana kedua pemain saling berusaha untuk memenangkan permainan. Setiap pemain
mengetahui langkah-langkah yang mungkin diberikan pada situasi permainan saat
ini. Sehingga untuk setiap langkah dan semua langkah selanjutnya akan dapat
diketahui (M. Tim Jones, 2008).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar