Selasa, 01 Juni 2010

Perlakuan yang Tidak Adil

Sebagai seorang manusia kita kerap mendapatkan perlakuan yang tidak adil. Perlakuan yang tidak adil itu membuat suatu kesenjangan sosial diantara sesame manusia. Selain itu, perlakuan yang tidak adil juga kerap menimbulkan rasa iri hati antar manusia. Kita ambil saja contoh sebagaii berikut :
• Seorang anak yang memiliki bakat dan kemampuan lebih takan mendapatkan perlakuan yang lebih dari orangtunya dibanding anak lainnya, bahkan terkadang orangtua agak mengesampingkan anak-anaknya yang lain.
• Seorang wanita cantik didalam suatu kelas akan mendapatkan perhatian lebih dari kakak-kakak kelas dibanding dengan anak-anak lainnya didalam kelas. Apabila diberikas sesi Tanya jawab, si wanita cantik terkesan lebih gampang bertanya dan diberikan penjelasan dibandingkan dengan anak-anak yang berparas biasa saja.
Hal-hal seperti diatas itulah yang kadang menyebabkan kejahatan. Rasa iri yang berlebih akan membuat seseorang nekat dan melakukan hal-hal yang bisa melukai seseorang. Selain itu perlakuan yang tidak adil juga dapat membuat jatuh mental seseorang yang diperlakukan secara tidak adil. Bukan tidak mungkin orang yang dperlakukan secara tidak adil akan memiliki kelainan dalam dirinya.
Di Indonesia banyak sekali perlakuan yang tidak adil terjadi di masyarakat. Misalnya seorang nenek yang dihakimi ke meja hijau karena mengambil satu buah coklat saja. Dalam hal ini memang nenek tersebut salah, namun apakah harus nenek yang tidak mampu materi ini dihakimi sedemikian rupa??? Sedangkan para koruptor yang sering mengambil uang rakyat ini bebas dengan mudah tanpa tuntutan apapun. Begitu juga nasib para TKI yang mendapatkan perlakuan yang tidak adil di Negara lain tempat mereka bekerja. Para TKI itu dihina, dicaci dan diperlakukan dengan kasar. Apakah harus begitu cara memberipelajaran ke TKI yang melakukan kesalahan.
Disini saya menuliskan tulisan ini bukan untuk menghujat siapapun. Tetapi lebih kepada prihatin akan nasib bangsa Indonesia ini yang kerap mendapatkan perlakuan yang tidak adil. Dimana rasa keadilan bangsa ini, yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Jangan sampai anak cucu kita tercemar dengan perlakuan yang tidak adil yang pernah kita lakukan ataupun kita alami. Berlakulah yang adil, agar anak cucu kita kelak mencontoh hal-hal yang benar saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar