Senin, 31 Mei 2010

ayo berbicara

Aduh aku takut ngomong..!!

kira-kira omangan kita bakal nyambung gak yah???

Mereka suka aku gak yah??

Buat beberapa orang mungkin rasanya susah buat bicara didepan banyak orang. Bahkan untuk sekedar menyapa aja rasanya sulit. Bagi yang susah ngomong, minder en bahkan krisis percaya ngomong(bukan krisis percaya diri lagi lhoo…). Gue punya Tipsnya nih :
  • Siapkanlah topik-topik yang ingin kamu bicarakan dengan melakukan riset terlebih dahulu. Pilihlah topik pembicaraan yang asik dan sesuai dengan usiamu.
  • Latihlah dulu diri kamu didepan orang kesayangan kamu misalnya teman, sahabat ataupun pacar. Sehingga mereka bisa meng-koreksi kekurangan kamu. Atau apabila kamu takut ataupun malu berlatih dengan seseorang, latihlah diri kamu didepan kaca. Sehingga kita bisa tahu bila kita ada kekurangan tanpa harus merasa malu.
  • Cobalah dengan menarik nafas sebelum kita berbicara agar membuat kita semakin rileks dan santai untuk berbicara.
  • Motivasi diri kamu sendiri dengan memberikan dorongan pada diri sendiri. Kita dapat mengucapkan “A-za. A-za.Fighting..!!” atau kalimat-kalimat yang dapat membangkitkan semangat dan motivasi kamu.
  • Mulailah berbicara dengan nada perlahan tapi jela. Pilih kata pembuka yang mudah ditangkap teman kamu. Kalau bisa lebihkan sedikit volume suara kamu agar semua orang bisa mendengarkan.
  • Carilah satu titik di antara kerumunan penonton sebagai focus pandang. Jangan merasa takut dan angap saja mereka adalah boneka teman kita tidur ataupun batu.
  • Perhatikan bahasa tubuh. Jangan menunduk dan sesekali tersenyumlah pada temen yang mendengar kamu atau sekedar menonton, agar mereka gak ngerasa bosan.
  • Apabila kamu gemetaran dan keringatan aku punya tips yang oke banget nih. Saat kamu mau memulai berbicara didepan Audience, cobalah dengan menggenggam pulpen, pensil ataupun benda lainnya. Genggam lah dengan sekuat tenaga apabila kamu merasa sangat takut. Mengapa begitu??? Karena dengan mengenggam pensil secara kuat, rasa nervous yang tadi ada dan membuat adrenalin kita terpacu akan berkurang. sehingga darah akan mengalir dengan lancar dan membuat rasa nervous yang ada pada diri kita itu berkurang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar