Senin, 31 Mei 2010

Membuat Batik itu mudahh lhooo….

Batik merupakan salah satu tradisi dan hasil karya budaya Indonesia yang terkenal di dunia. Batik terdiri dari bermacam-macam jenis  yaitu batik tulis, batik cap, batik painting dan batik printing. Pada zaman dulu batik hanya dibuat dan digunakan oleh keluarga raja  di Indonesia. Pada zaman sekarang bukan hanya keluarga raja saja yang dapat membut dan menggunakannya. Kita juga dapat menggunakan dan bahkan membuatnya. Caranya lumayan gampang kok yaitu sebagai berikut :
Alat dan Bahan :
  • Kain polos bisa terbuat dari bahan apa saja asalkan tidak terdapat campuran polyester didalam kain.
  • Pensil
  • Berbagai motif batik
  • Meja datar yang memiliki penerangan cukup . Misalnya meja kaca  yang terdapat lampunya.
  • Pemidaian kayu bulat
  • Canting
  • Lilin yang berbentuk padat terdiri dari campuran getah damar lemak, paraffin, gandorokem. Yang dapat dibeli di toko kain ataupun tekstil yang ada di pasar, took kimia dan Museum Tekstil Indonesia.
  • Kompor kecil
  • Wajan
  • Bangku kecil
  • Larutan Naptol(campuran dari 3 gram serbuk naptol, 1.5 gram TRO dan 1 gram caustik, dapat dibeli di toko kimia atau Museum Tekstil)
  • Larutan pewarna (campuran 3 gram serbuk pewarna atau disebut juga garam naptol dengan air)
Cara pembuatannya :
  1. Mulailah dengan menggambar motif pada kain polos dengan menggunakan pensil. Gunakan berbagai motif yang kita inginkan sebagai contoh gambar. Atau apabila kita kesulitan untuk menggambarny, kita dapat menjiplaknya dibantu dengan meja kaca yang berlampu.
  2. Jepit kain dengan menggunakan Pemidaian berbentuk bulat yang terbuat dari katu.
  3. Nyalakan kompor mulailah dengan memanaskan wajan berisi lilin yang masih padat.
  4. Setelah cair, lapisi motif dengan lilin meggunakan cantingnyang terbuat dari bambu berkepala tembaga dan memiliki kepala/mulut seperti pena.
  5. Setelah lilin mongering di atas kain, cuci kain dengan menggunakan air bersih. Dan jemur hingga kering.
  6. Setelah itu kita masuk ke proses pewarnaan. Celupkan kain ke larutan naptol. Campur ketiga serbuk pewarna dengan menggunakan air panas sebanyak 50cc
  7. Setelah tercampur, tambahkan air sampai kain terendam. Fungsi pencelupan naptol adalah untuk mengikat warna pada kain.
  8. Angkat kain yang telah dicelupkan tadi dengan menggunakan sarung tangan terlebih dahulu. Biarkan hingga air yang ada pada kain tidak menetes lagi.
  9. Celupkan ke dalam larutan pewarna dan dibolak-balik agar warnanya merata.
  10. Jemur hingga kain agak kering.
  11. Angkat kain, lalu celupkan pada air bersih, berfungsi agar lilin tidak menempel pada kain. Setelah itu bilas kain di air bersih, sampai kain benar-benar terlepas dari kain.
  12. Terakhir, jemur kain hingga benar-benar kering.
Mudah kannnn???
Dengan membatik kita juga telah melaksanakan gerakan cinta Indonesia lhooo..!!
Buat apa menggunakan barang-barang luar negeri yang berharga mahal. Sedangkan di Indonesia saja ada batik yang murah, indah dan mudah membuatnya. Apabila kita ulet kita pasti dapat memasarkan batik buatan kita sendiri ke mancanegara. Kita harus bangga dengan hasil karya budaya Indonesia yang terkenal di dunia ini. Go Batik go..!!

2 komentar: